Buka 09.00 - 17.00 WIB Sabtu - Minggu Libur
021 8048 8154
0815 7446 0682
info@pabrikhelm.com

Mengenal Bahan Cordura

Wednesday, September 9th 2015.

Bahan CorduraMengenal Bahan Cordura

Berbeda dengan bahan kain wool atau cotton yang sudah dikenal banyak orang, bahan cordura sangat tidak populer dikalangan masyarakat. Namun tidak berarti bahan ini tidak berguna dan jarang digunakan. Justru keberadaan bahan ini sangat membantu dalam pembuatan pakaian sepert jaket, tas ransel, sarung tangan balap dan juga untuk seragam militer. Jenis pakaian tersebut sangat populer dikalangan masyarakat namun banyak masyarakat yang tidak mengetahui bahwa jenis pakaian tersebut dibuat dari bahan kain cordura.

Mengenal Cordura

Hampir sama dengan kebanyakan kain lainnya, sejarah cordura dimulai dari cordura yang dulunya merupakan sebuah merk kain perusahaan DuPONT. Setelahnya merk kain ini mulai dikembangkan oleh Invista. Dulunya cordura digunakan sebagai bahan unuk ransel, koper dan juga pakaian dalam untuk militer. Peruntukan cordura terbatas pada produk-produk tersebut karena cordura memiliki kekuatan lebih besar 10 kali lipat jika dibandingkan dengan katun biasa. Sementara itu kekuatan kain polyester biasa 3 tingkat lebih rendah dibandingkan cordura. Karena kekuatannya, cordura sangat tahan segala kondisi baik cuaca ekstrim, goresan, gesekan dan juga rembesan air.

Bahan kain cordura sendiri dibuat dari bahan dasar sintetis (nilon) yang dicampur dengan kapas atau bahan dari alam lainnya. Awalnya cordura sangat dikenal masyarakat sebagai bahan kain yang didominasi bahan rayon. Namun belakang cordura semakin banyak dikembangkan dan semakin banyak mengalami padu padan bahan pembuatan yang mendominasinya. Meski begitu bahan kain cordura tetap dikenal sebagai bahan kain yang sangat kuat.

Fungsi Cordura

Kelebihan bahan kain cordura yang tidak bisa dipungkiri yakni lebih kuat 10 kali lipat dibandingkan dengan katun biasa, membuatnya menjadi primadona digunakan sebagai bahan tas ransel. Tas ransel dengan bahan cordura bisa dipastikan memiliki ketahanan lebih besar jika dibandingkan dengan tas ransel dari bahan lainnya. Selain kuat, tas ransel cordura juga akan tahan berbagai cuaca, goresan dan anti air. Selain ransel, cordura juga biasa dimanfaatkan untuk pembuatan jaket yang tidak mudah diresapi air dan sangat awet saat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Beberapa pakaian lain yang biasa menggunakan cordura adalah sarung tangan balap dan juga seragam milik tentara. Bahkan beberapa merk ternama seperti Fila, Reebok dan Eiger terdaftar resmi sebagai pengguna bahan kain cordura untuk setiap produk-produk andalannya.

Kelebihan Bahan Kain Cordura

Karena terbuat dari bahan sintetis yang dicampur dengan serat kapas dan juga bahan alam lainnya, cordura menjadi lebih kuat. Jika dibandingkan dengan katun atau kain polyester biasa, bahan kain cordura jauh lebih kuat. Bahkan belakangan, cordura dikembangkan dalam beberapa jenis dan tipe yang semakin banyak memiliki keunggulan. Tipe baru cordura memiliki keunggulan tahan sobek, memiliki retensi warna, bahan sangat ringan dan tidak meninggalkan kekuatan dibandingkan kain biasa.

Rp 45.000
Rp 95.000
Rp 100.000
habis
Rp 375.000
habis
habis
Rp 360.000
habis
habis
Rp 335.000
habis