Buka 09.00 - 17.00 WIB Sabtu - Minggu Libur
021 8048 8154
0815 7446 0682
info@pabrikhelm.com

Cara Merawat Helm Motor

Thursday, January 8th 2015.
Cara merawat helm motor

Helm Custom Erlimpex

Cara merawat helm motor perlu Anda ketahui terutama yang hampir tiap hari selalu berkendara dengan sepeda motor dan mengenakan helm. Fungsi utama helm adalah untuk melindungi kepala dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti terjadi kecelakaan lalulintas. Selain itu, helm digunakan untuk melindungi mata terkena benda-benda asing yang tersapu angin dan datang secara tiba-tiba. Oleh karena itulah, Anda yang berkendara motor harus selalu memakai helm karena fungsinya yang sangat vital. Namun, tidak sedikit yang tidak mengidahkannya dengan alasan-alasan yang tidak logis. Misalnya, tidak ada polisi lalulintas, sehingga tidak perlu memakai helm. Bahkan, beberapa di antaranya terang-terangan tidak memakai helm karena dapat merusak tatanan rambut. Biasanya dilakukan oleh para wanita. Dengan fungsinya yang sangat seperti itu, Anda harus selalu merawat helm yang Anda miliki. Tujuannya agar helm lebih bersih, terawat, tahan lama, aman, dan nyaman saat dipakai berkendara. Lalu, bagaimana cara merawat helm motor yang benar? Berikut sedikit informasinya untuk Anda.

Membersihkan debu dan kotoran yang menempel

Untuk perawatan sehari-hari, Anda bisa mengelap dengan kain yang sudah dibasahi dengan air atau tisu pada seluruh permukaan helm. Mulai dari bagian atas, samping kanan dan kiri, bagian belakang, dan yang terpenting bagian depan, yaitu pada kaca pelindung. Kaca pelindung helm yang terbuat dari mika atau plastik pada bagian luar dan dalam hingga semua kotoran dan debu hilang.

Agar lebih mengkilap dan terlihat seperti baru, Anda dapat menggunakan cairan khusus untuk membersihkan helm yang Anda miliki. Silakan Anda membelinya di toko khusus menjual helm atau toko sparepart sepeda motor. Harganya tidak terlalu mahal, sehingga dapat Anda pergunakan cairan tersebut setiap hari.

Menjemur di bawah terik matahari

Beberapa orang menjemur helmnya langsung di bawah terik matahari. Terutama pada bagian dalam helm karena basah setelah kehujanan. Cara ini bisa Anda praktikkan di rumah agar bagian dalam helm menjadi kering. Namun, jangan terlalu lama menjemur di bawah terik matahari karena akan membuat bagian dari helm, seperti sponge atau kainnya menjadi mengkerut dan tidak elastis lagi. Anda cukup menjemurnya sekitar 30 menit atau hingga bagian dalamnya kering.

Perlu Anda ketahui bahwa helm yang basah dan terlalu lembab oleh air hujan atau keringat kepala bisa meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan jamur atau bakteri yang menempel pada bagian dalam helm. Hal itu tentu saja cukup membahayakan karena dapat mengakibatkan masalah pada bagian kepala, seperti rambut dan kulit kepala hinga leher. Beberapa penyakit kulit, seperti panu, kadas, dan herves sering menimpa mereka yang tidak menjaga kebersihan helmnya. Anda jangan sampai mengalami seperti itu, maka selalu jaga dan rawat helm kepunyaan Anda.

Mencuci helm dengan teratur

Helm yang sering dipakai oleh pemiliknya tentu harus dibersihkan dengan dicuci secara teratur. Dengan tujuan untuk merawat, menjaga, dan membersihkan helm agar nyaman dan aman saat dipakai. Anda bisa mencucinya sendiri di rumah, tetapi terlalu repot dan ribet. Pasalnya, perlu beberapa peralatan pendukung, seperti sabun pembersih helm, selang pancuran air, hairdryer untuk mengeringkan, serta pewangi atau parfum. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan jasa cuci helm yang saat ini sudah menyebar terutama di kota-kota besar.

Mereka yang menjual jasa cuci helm memang paham dengan peluang bisnis yang terbuka lebar. Pasalnya, dengan semakin banyaknya pemilik motor berarti pemilik helm juga meningkat. Mereka butuh helm yang bersih dan terawat, sehingga harus mencuci helmnya. Mencuci helm sendiri sangat merepotkan, lebih baik menyewa jasa cuci helm yang tarifnya cukup murah, yaitu sekitar Rp 10 ribu – Rp 20 ribu. Anda yang memiliki helm di rumah cukup mencucikannya seminggu sekali agar lebih terjaga dan terawat kebersihannya. Itulah beberapa cara merawat helm motor.

Rp 60.000
habis
Rp 365.000
habis
habis
Rp (Hubungi CS)
habis
habis
Rp 460.000
habis
habis
Rp 365.000
habis
Rp (Hubungi CS)